UNUJA Selenggarakan Seminar PkM: Meningkatkan Publikasi Ilmiah dapat meraih Akreditasi Unggul

UNUJA Selenggarakan Seminar PkM:  Meningkatkan Publikasi Ilmiah dapat meraih Akreditasi Unggul
Dokumentasi Kegiatan Seminar, tampak para Pimpinan Kampus dari Rektorat, Dekanat, Kepala Lembaga, Dosen, Peneliti dan Perwakilan Mahasiswa.


Probolinggo, lensakomunikasi.com sebagai bentuk penguatan Tri Dharma Perguruan Tinggi di lingkungan Kampus, Maka Universitas Nurul Jadid (UNUJA) Paiton Probolinggo menyelenggarakan Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) dengan tema "Sosialisasi Kiat-Kiat Mencapai Nilai Akreditasi Unggul melalui Peningkatan Publikasi Ilmiah". 

Seminar tersebut bertempat di Auditorium 1 Pondok Pesantren Nurul Jadid (PPNJ) Paiton Probolinggo dan turut dihadiri oleh pimpinan dari jajaran rektorat, dekanat, kepala lembaga, dosen, peneliti, dan perwakilan mahasiswa di lingkungan UNUJA, Senin 29/07/2024

Sebagaimana keterangan yang dihimpun dari peserta dan dosen yang hadir bahwa seminar dapat menghadirkan tiga narasumber utama dari SKSG-UI, yaitu Dr. Shobichatul Aminah, M.Si. selaku dosen Kajian Wilayah Eropa SKSG-UI sekaligus koordinator Klaster Riset Seni, Budaya, dan Etnisitas SKSG-UI, Dr. Polit. Henny Saptatia D.N., S.S., M.A. selaku Kaprodi PS-KWE SKSG-UI sekaligus koordinator Klaster Riset Multilateralisme dan Migrasi, dan Dr. Solikhah Yuliatiningtyas, P.hD. selaku koordinator Klaster Riset Masyarakat Global, Budaya Digital, dan Komunikasi Studi Lintas Disiplin. Ketiganya berbagi wawasan dan strategi tentang bagaimana meningkatkan publikasi ilmiah sebagai salah satu langkah kunci untuk mencapai nilai akreditasi unggul, baik pada program studi maupun perguruan tinggi.

Menurut, Dr. Shobichatul Aminah, M.Si. menggarisbawahi pentingnya kualitas dan kuantitas publikasi ilmiah dalam penilaian akreditasi. "Publikasi ilmiah bukan hanya tentang menambah jumlah artikel yang diterbitkan, tetapi juga tentang memastikan bahwa penelitian yang dipublikasikan memiliki dampak signifikan dan relevansi tinggi dengan kebutuhan masyarakat," terangnya.

Disamping itu Dr. Polit. Henny Saptatia D.N., S.S., M.A., dalam paparannya, menekankan perlunya kolaborasi antarpeneliti dan antaruniversitas untuk menghasilkan penelitian yang berkualitas. "Kolaborasi adalah kunci dalam menghasilkan penelitian yang komprehensif dan inovatif. Dengan bekerja sama, kita bisa saling melengkapi keahlian dan sumber daya untuk mencapai hasil yang lebih baik," jelasnya

Rektor UNUJA yakni KH. Abdul Hamid Wahid saat memberikan sambutan pada Acara Seminar Nasional Pkm di Auditorium 1 PPNJ

Lebih dari hal diatas Dr. Solikhah Yuliatiningtyas, P.hD., menambahkan bahwa integritas dan etika dalam penelitian juga menjadi faktor penting dalam peningkatan publikasi ilmiah. "Penelitian yang berkualitas harus didasarkan pada prinsip-prinsip etika yang kuat. Ini tidak hanya meningkatkan kredibilitas peneliti, tetapi juga memastikan bahwa penelitian tersebut dapat memberikan manfaat nyata bagi masyarakat," paparnya.

Pasalnya kegiatan ini juga menyediakan sesi tanya jawab, di mana peserta seminar berdiskusi langsung dengan para narasumber mengenai tantangan dan solusi dalam meningkatkan publikasi ilmiah. Banyak peserta yang mengungkapkan rasa terima kasih dan antusiasmenya terhadap informasi yang disampaikan dalam seminar ini.

"Seminar ini sangat informatif dan memberikan banyak wawasan baru tentang bagaimana cara meningkatkan publikasi ilmiah. Kami berharap dapat mengimplementasikan kiat-kiat yang disampaikan oleh para narasumber untuk mencapai nilai akreditasi unggul," ujar Ahmad Sahidah, salah satu dosen peserta seminar.

Terakhir pada pelaksanaan seminar ini diharapkan dapat menjadi langkah awal dalam meningkatkan sinergi antara pimpinan pergurua tinggi dan civitas akademika UNUJA untuk mencapai akreditasi unggul melalui peningkatan publikasi ilmiah.

Ibad/Roz

Sumber : Zubaidi UNUJA

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama