Kerjasama ilmiah Internasional, STAINH Situbondo Tandatangani MoU dengan ARID Scientific

Kerjasama ilmiah Internasional, STAINH Situbondo Tandatangani MoU dengan ARID Scientific
Dokumentasi bagian akhir dari isi MoU kolaborasi antara STAINH Situbondo dengan Arid scientific

Situbondo, lensakomunikasi.com "sebagai upaya meningkatkan kualitas Tri dharma Perguruan Tinggi, STAI Nurul Huda (STAINH) Kapongan Situbondo gelar kerjasama ilmiah internasional dengan menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan ARID Scientific, sebuah organisasi nirlaba yang berfokus pada pengembangan riset ilmiah dan pembelajaran. (15/07/2024)"

Berdasarkan keterangan yang dihimpun media lensakomunikasi tentang penandatanganan MoU ini berlangsung secara Online melalui zoom meeting dan portal Arid https ://site.arid.my/ dilaksanakan oleh pimpinan kedua belah pihak serta sejumlah dosen dan mahasiswa.

Ketua Program Studi PBA STAINH, Azisi, M.Pd, menyampaikan bahwa MoU ini menandai awal dari kerjasama strategis antara Kampus STAINH dan ARID Scientific dalam bidang pendidikan dan penelitian ilmiah. 

"Kesepakatan ini bertujuan untuk memperluas kesempatan bagi mahasiswa dan akademisi Kampus dalam mengakses berbagai sumber daya ilmiah serta mendukung pengembangan keilmuan di bidang studi Bahasa Arab." Pungkasnya

Disamping itu Dalam kesepakatan tersebut, Ketua Prodi PBA menjelaskan bahwa ARID Scientific akan menyediakan akses gratis kepada STAINH untuk berbagai fasilitas yang mereka tawarkan. Berikut Layanan utama yang disepakati dalam MoU ini meliputi:

1. Akses Jurnal dan Publikasi : Mahasiswa dan dosen STAINH akan mendapatkan akses ke jurnal akademik dan artikel ilmiah yang diterbitkan oleh ARID Scientific, yang meliputi berbagai topik termasuk linguistik dan sastra Arab.

2. Kursus dan Webinar: ARID Scientific akan mengadakan kursus online dan webinar yang berkaitan dengan Bahasa Arab dan pengajaran bahasa, yang akan diikuti oleh civitas akademika di STAINH

3. Sumber Belajar: STAINH akan dapat memanfaatkan berbagai materi pembelajaran, seperti buku teks dan panduan, yang disediakan oleh ARID Scientific untuk mendukung proses pembelajaran Bahasa Arab.

4. Forum Diskusi dan Kolaborasi: MoU ini membuka kesempatan bagi mahasiswa dan dosen untuk berpartisipasi dalam forum diskusi ilmiah dan kolaborasi penelitian dengan akademisi dari berbagai institusi. (Bersumber dari isi MOU)

Kerjasama ilmiah Internasional, STAINH Situbondo Tandatangani MoU dengan ARID Scientific
Salahsatu Dokumentasi berupa pamflet tentang Proses penandatanganan MoU STAINH dengan portal Arid scientific secara daring via Zoom Meeting

Selain itu, Ketua STAINH Kapongan Situbondo, Cand. Dr. H. Muhammad Taufiq, M.Pd.I, dalam sambutannya menyampaikan harapan besar terhadap kerjasama ini. Kami sangat antusias dengan penandatanganan MoU ini. Kami yakin bahwa akses ke sumber daya ilmiah ARID Scientific akan membawa manfaat besar bagi pengembangan keilmuan di kampus STAINH, khususnya dalam studi Bahasa Arab. 

"Kami sangat apresiasi dan berterimakasih atas peluang dan kesempatan yang telah diberikan dan kami berharap kolaborasi ini dapat memperkuat kapasitas akademik dan meningkatkan kualitas pendidikan di kampus kami.”


Lebih lanjut, Direktur ARID Scientific, Prof. Dr. Saif Suwaidy, juga menyampaikan apresiasi atas kerjasama ini. “Kami sangat senang dapat bekerja sama dengan Kampus STAINH Situbondo. Kami percaya bahwa kerjasama ini akan membuka peluang baru bagi mahasiswa dan peneliti dalam eksplorasi ilmiah dan pembelajaran Bahasa Arab.”


Terakhir Penandatanganan MoU ini merupakan langkah penting dalam mempererat hubungan antara institusi pendidikan dan organisasi ilmiah untuk mencapai tujuan bersama dalam bidang pendidikan dan penelitian serta kolaborasi dalam bidang ilmiah lainnya


Sumber : Ketua Prodi PBA STAINH

Penulis : Arrozy

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama